Bagir Manan Tangani Langsung PK Pollycarpus

Jakarta, Kompas – Ketua Mahkamah Agung Bagir Manan turun langsung menangani perkara peninjauan kembali atau PK kasus pembunuhan berencana terhadap aktivis hak asasi manusia, Munir. Perkara tersebut akan ditangani Bagir bersama empat hakim agung lain.

”Akan saya pimpin sendiri. (Berkas) Sudah langsung berputar ke anggota majelis,” ujar Bagir saat ditanya mengenai PK Pollycarpus, Selasa (30/10).

Ditanya apakah MA akan memprioritaskan penanganan perkara itu, Bagir mengatakan tidak ada prioritas. ”Pokoknya kami kerjakan saja,” katanya.

Peninjauan kembali diajukan oleh jaksa penuntut umum setelah MA dalam putusan kasasinya membebaskan Pollycarpus Budihari Priyanto dari dakwaan pembunuhan berencana terhadap Munir. Pollycarpus hanya terbukti memalsukan surat yang dijadikannya alasan terbang ke Singapura. Kasasi diputus oleh majelis hakim yang diketuai Iskandar Kamil serta beranggotakan Artidjo Alkostar dan Atja Sondjaja.

Dalam berkas permohonan PK, jaksa mengajukan bukti baru berupa kesaksian Indra Setiawan, Rohainil Aini, Raymond J Latuihamalo alias Ongen, dan Asrini Utami Putri. Asrini yang menumpang pesawat yang sama dengan Munir sempat melihat Pollycarpus duduk bersama Munir di Coffee Bean di Changi, Singapura.

Dalam PK tersebut, jaksa juga memperdengarkan percakapan antara Pollycarpus dan Indra Setiawan. Dalam percakapan itu, Pollycarpus menyebut-nyebut Bagir Manan dan orang-orang MA sebagai ”orang kita”.

Bagir Manan membantah disebut ”orang kita”. Ia menuding Pollycarpus melakukan kebohongan besar. Meski demikian, Bagir mengatakan, omongan Pollycarpus itu tidak akan memengaruhi proses PK. (ANA)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: