Pengungsi Mulai Terjangkit ISPA

Kediri, Kompas – Pengungsi Gunung Kelud mulai terjangkit diare dan infeksi saluran pernapasan atas. Kamis malam lalu beberapa orang bahkan keracunan makanan sehingga harus dirawat di rumah sakit.

Data Posko Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri di Lapangan Pluncing, Desa Siman, Kecamatan Kepung, menunjukkan, sejak 23 Oktober hingga 26 Oktober, 132 pengungsi terserang infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) dan 11 lainnya mengalami diare. Dari Posko Kesehatan Pengungsi di Desa Segaran, Kecamatan Wates, juga disebutkan, 16 pengungsi terserang ISPA.

Kepala Puskesmas Wates dr Pramusinto, Jumat (26/10), mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan apakah kasus diare itu akibat makanan jatah pengungsi atau faktor lain. “Kami masih menyelidiki. Bisa saja akibat yang lain. Untuk mengetahui penyebabnya, kami masih menunggu hasil laboratorium,” katanya.

Ia menambahkan, dari 12 pengungsi yang sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pare, Kediri, sekarang ini sudah 11 dipulangkan ke pengungsian. “Tinggal satu anak balita yang masih dirawat,” ujarnya.

Kamis malam lalu 35 pengungsi asal Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, yang tinggal di pengungsian di Desa Tawang, Kecamatan Wates, keracunan setelah menyantap nasi bungkus.

Sebagian pengungsi dibawa berobat ke Posko Kesehatan Pengungsi di Balai Desa Tawang. Mereka ditangani tim kesehatan dari Puskesmas Wates. Namun, 12 korban lain harus dilarikan ke Rumah Sakit Umum Pare.

Kantong lahar

Di Jakarta Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menyatakan, pihaknya telah menginstruksikan percepatan pembuatan kantong lahar. Hal itu dalam rangka mengantisipasi keluarnya lahar panas dan dingin bila Gunung Kelud meletus.

Menurut Djoko, bencana akibat banjir lahar tidak kalah bahaya dibandingkan dengan letusan gunung itu sendiri. “Pembangunan lima kantong lahar terus dikerjakan, dengan daya tampung sekitar 3,5 juta meter kubik,” katanya. (TIF/RYO)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: