Wajar Parpol Menjauhi Yudhoyono

Kegagalan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membangun bangsa selama tiga tahun pemerintahannya berdampak pada semakin banyak partai politik (parpol) mengambil jarak dengan dirinya.

Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDI-P) DPR, Tjahjo Kumolo di Jakarta, Senin (15/10) mengatakan, wajar adanya gerakan parpol menjauhi Presiden Yudhoyono setelah melihat kegagalan pemerintah dalam tiga tahun berkuasa

Tjahjo menyebut beberapa partai pendukung pemerintah yang berubah sikap. “PAN jadi oposisi, PBB lari menjadi partai kritis, PKS mulai kritis, PKB dan Gus Dur (Abdurrahman Wahid) sudah menjauh, Golkar mulai berbagi pasukan dan semakin terbuka sikap kritisnya,” kata dia.

Namun, lanjut Kumolo, masih terlalu jauh menyebut bakal ada koalisi strategis parpol-parpol. Dia menambahkan, munculnya Sutiyoso yang mendapat dukungan purnawirawan TNI menarik untuk disimak. “Dan ini menunjukkan purnawirawan TNI sudah tidak solid mendukung Jenderal Yudhoyono. Apalagi selama Pemerintahan Yudhoyono, kesejahteraan prajurit TNI kurang diperhatikan. Wajar kalau TNI mulai kecewa dan berpikir menggeser dukungannya,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali mengatakan, terlalu dini menilai pertemuan dirinya dengan tokoh-tokoh elite politik sebagai langkah membangun koalisi atau liga untuk meninggalkan Presiden Yudhoyono. Suryadharma Ali mengaku tetap ikut bertanggung jawab dan konsisten mendukung dan menyukseskan Pemerintahan Yudhoyono hingga 2009.

Sedangkan Ketua DPP PKB, Hermawi Fransiskus Taslim menyatakan kegagalan Yudhoyono harus diantisipasi dengan mengajukan calon alternatif menghadapi Pemilu 2009. Yudhoyono dinilai gagal dalam perbaikan ekonomi kerakyatan melalui sektor riil dan tidak ada kemajuan dalam peningkatan kualitas sektor pertanian guna mensejahterakan rakyat. [MAR/B-14/Y-3]SUARA PEMBARUAN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: