Minyak Goreng Curah Bebas PPN

Setiap Kemasan Akan Diberi Cap

Semua produk minyak goreng curah dan tidak bermerek tidak dikenakan Pajak Pertambahan Nilai oleh pemerintah. Harapannya, agar harga jual eceran turun hingga Rp 8.000 per kilogram dan masyarakat sudah menikmati harga itu mulai 24 September 2007, setelah kebijakan itu ditetapkan.

“Minyak goreng kelas tinggi, yang bermerek dan kemasan, tidak kami tanggung PPN (Pajak Pertambahan Nilai)-nya,” ujar Menteri Koordinator Perekonomian Boediono dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (24/9).

Menurut Boediono, keberlanjutan pembebasan PPN ini sangat tergantung dari kebutuhan dan hasil evaluasi yang akan dilakukan pemerintah secara berkala. Evaluasi memerhatikan harga minyak goreng di luar negeri, kemudian efektivitas mekanisme pelaksanaan PPN-nya.

“PPN minyak goreng ditanggung pemerintah dengan mengacu pada Undang-Undang APBN Perubahan (UU APBN-P) 2007 karena dalam UU itu ada alokasi anggaran untuk subsidi minyak goreng tersebut,” katanya.

Dalam APBN-P 2007, anggaran Rp 325 miliar dialokasikan untuk subsidi minyak goreng. Sekitar Rp 25 miliar melalui pasar murah di berbagai lokasi, sedangkan Rp 300 miliar berupa subsidi PPN tanggungan pemerintah.

“Dengan kebijakan ini, sebagian biaya distributor ditanggung pemerintah. Kami berharap produsen dan distributor turut memastikan harga minyak goreng turun dan stabil hingga akhir tahun,” kata Boediono.

Dengan Rp 300 miliar, pemerintah berharap volume minyak goreng yang disubsidi setara dengan pemakaian 40-45 hari.

Dalam pelaksanaannya nanti, setiap kemasan minyak goreng curah dan yang tidak bermerek akan diberi cap atau tanda dengan tulisan “Ditanggung Pemerintah (DTP)”.

Itu artinya, PPN 10 persen dari harga jual yang biasanya harus dibayar pembeli minyak goreng tidak dibebankan lagi sehingga harga minyak goreng tersebut lebih murah 10 persen. Dengan demikian harga minyak goreng yang Rp 8.800 turun menjadi Rp 8.000 saja. (OIN)

Sumber: Surat Kabar Harian Kompas

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: