Angka Kelaparan Dunia Terus Meningkat

Yogyakarta, Kompas – Liberasi dan privatisasi sektor pertanian mengakibatkan jumlah petani yang memiliki lahan pertanian terus berkurang. Mereka kemudian hanya menjadi buruh yang tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Angka kelaparan di dunia pun makin meningkat.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal La Via Campesina Henry Saragih dan Kepala Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM Revrisond Baswir dalam Seminar bertajuk Mengembalikan Kedaulatan Petani yang dilangsungkan di Yogyakarta, Kamis (20/9). La Via Campesina adalah sebuah organisasi petani internasional.

Henry mengatakan, pada tahun 1996 angka kelaparan di dunia tercatat 830 juta jiwa atau sekitar 17 persen dari penduduk dunia saat itu. Pada tahun 2006 atau 10 tahun kemudian meningkat menjadi 859 juta jiwa.

Hal yang sama terjadi pada Indonesia. Pada tahun 1996/1997, jumlah orang miskin, paralel dengan angka kelaparan, di Indonesia hanya 17 juta jiwa. Namun, pada tahun 2006/2007 menjadi 39 juta jiwa.

Padahal, kata Henry, dalam kurun waktu itu Perserikatan Bangsa-Bangsa tengah menggalakkan program penghapusan kelaparan. Namun, program itu gagal karena yang terjadi justru peningkatan jumlah orang kelaparan.

Menurut Henry, program penghapusan kelaparan gagal karena arus liberalisasi dan privatisasi sektor pertanian di berbagai negara di dunia ini mengalir sangat deras.

Dalam kesempatan itu, ekonom dari Universitas Gadjah Mada Revrisond Baswir mengatakan, Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang mengalami liberalisasi dan privatisasi sektor pertanian tercepat dan terluas. Sebab, Pemerintah Indonesia lebih berpihak kepada kepentingan modal. (rei)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: