Pasar Turi memang Sengaja Dibakar

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Herman Sumawiredja mengatakan, Pasar Turi memang sengaja dibakar. “Indikasi pembakaran itu sudah ada, kesimpulan Labfor adalah pembakaran (Pasar Turi),” ujar Herman kepada wartawan seusai shalat Jumat di Markas Besar Kepolisian Daerah Jatim, Surabaya, Jumat (14/9).

Menurut Herman, kesimpulan diambil berdasarkan hasil uji Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri Cabang Surabaya.

Petunjuk adanya upaya pembakaran itu tampak dari hasil uji forensik di Pasar Turi Baru yang terbakar pada 26 Juli ataupun di Pasar Turi Lama yang terbakar 9 September.

Sejauh ini Herman mengaku belum bisa memastikan pelaku dan motif pembakaran tersebut. Dia hanya mengatakan, semua petunjuk yang ditemukan oleh Labfor Polri bersifat teknis dan masih akan terus dikembangkan. “Sedang kami selidiki lebih mendalam,” katanya.

Secara terpisah, Kepala Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya Komisaris Besar Bambang Wahyu Suprapto menyatakan, kesimpulan soal pembakaran itu antara lain diperoleh dari jalur penjalaran api yang ditemukan dan tingkat kerusakan yang parah. Bambang melanjutkan, tim Labfor Polri masih akan menyelidiki berbagai barang bukti yang ditemukan di lokasi bekas kebakaran.

Pasar Turi adalah salah satu pasar tradisional yang menjadi ikon Kota Surabaya. Pasar yang berdiri di atas lahan 33.503,590 meter persegi itu terdiri dari empat tahap bangunan dengan 5.009 kios atau stan.

Tahap I dan II adalah Pasar Turi Baru yang terbakar pada 26 Juli 2007, tahap III adalah Pasar Turi Lama yang sebagian terbakar pada 9 September, dan Tahap IV adalah Toko Ramayana yang juga ikut terbakar dalam peristiwa kebakaran pada tanggal 26 Juli. (ULE)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: