Dua Kali Lipat Kapasitas Angkutan Lebaran

Pemerintah menyiapkan 34.406 pengangkut dengan kapasitas angkut 32,04 juta penumpang untuk angkutan Lebaran. Kapasitas tersebut dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penumpang angkutan Lebaran yang diprediksi mencapai 14,8 juta orang tahun ini.

Menteri Perhubungan Jusman Safeii Djamal, Jumat (14/9) di Jakarta, mengatakan, dengan jumlah alat angkut sebanyak itu, semua penumpang semestinya akan dapat terangkut.

“Masalahnya, masyarakat berangkat pada waktu yang hampir bersamaan mendekati hari raya sehingga terjadi penumpukan dan kekurangan armada pada hari tertentu,” tutur Jusman seusai rapat koordinasi persiapan Lebaran yang dipimpin Menko Perekonomi Boediono.

Meski demikian, kata Jusman, pihaknya akan menyiapkan antisipasi dengan menyediakan cadangan armada. “Cadangan armada sudah kami siapkan, termasuk untuk penerbangan. Maskapai yang akan menambah frekuensi penerbangan akan kami buka izinnya,” ujarnya.

Tahun lalu jumlah pemudik yang terangkut armada Lebaran mencapai 14,04 juta penumpang. Artinya, pemerintah hanya mengantisipasi kenaikan penumpang tahun ini sebesar 5,6 persen. Padahal, tahun lalu banyak pemudik, terutama di Jawa dan Sumatera, yang terpaksa naik motor karena tidak kebagian alat angkut. Sebagian lainnya memang memilih naik motor.

Puncaknya 11 Oktober

Pemerintah memprediksi puncak arus kendaraan darat, angkutan udara, dan angkutan laut untuk mudik akan terjadi pada 11 Oktober, sedangkan puncak arus balik pada 20 Oktober. “Puncak mudik kereta api kami perkirakan tanggal 10 Oktober,” kata Jusman.

Kepala Humas PT Kereta Api Noorhamidi menjelaskan, untuk angkutan Lebaran tahun ini, pihaknya menyiapkan 10 kereta tambahan yang terdiri dari 6 kereta kelas ekonomi dan 4 kelas bisnis dan eksekutif.

Tentang tiket kereta api kelas ekonomi yang sudah habis terjual, Noorhamidi menjelaskan bahwa tiket itu adalah tiket yang penjualannya dilakukan sejak 30 hari sebelum keberangkatan.

“Masih ada tiket yang belum dijual. Rencananya kami akan membuka penjualan tiket kereta tambahan di delapan stasiun dan sepuluh agen hari Minggu 16 September,” katanya. (OTW/Kompas)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: