Naik 10-15 Persennya Sembako

“Ini tugas kita sebagai pemerintah, mau tak mau, merumuskan toleransi kenaikan harga bahan kebutuhan pokok menjelang hari raya semacam ini.”

Ia berpikir keras.. Suatu angka bekelebat… “10-15 persen?”

 Sesungguhnyalah batinnya sendiri menjerit ketika mengingat waktu kecil ia adalah anak dari keluarga tidak mampu..”

Agar harga tidak melonjak, pemerintah mengupayakan kelancaran distribusi dan menghindari penumpukan sembako di satu tempat.

Menteri Pertanian Anton Apriyantono, di Bappenas, Rabu (12/9) mengatakan, strategi untuk menghindari kenaikan harga bahan pokok adalah melancarkan arus distribusi dan memenuhi pasar dengan pasokan sembako yang cukup.

“Kami di Dewan Ketahanan sudah merumuskan itu, toleransi hanya sekitar 10-15 persen. Tidak boleh lebih. Kalau lebih, harus ada upaya-upaya,” kata dia.

Dikatakan, untuk stok beras, gula, dan minyak goreng, sudah mencukupi kebutuhan nasional. Jika terjadi kenaikan, pemerintah akan mengintervensi pasar.

“Kita harus lancarkan distribusi dan penuhi pasar dengan stok cukup. Itu kuncinya,” kata Anton.

Sejauh ini, lanjut dia, pembagian tugas antar departemen sudah disiapkan. Nantinya Departemen Perdagangan memantau harga kebutuhan pokok dan berupaya tidak terjadi masalah pada harga. Sedangkan arus distribusi barang, Depdag dibantu Departemen Perhubungan.

Terkait badai La Nina, menurut dia hal itu bukan ancaman bagi produksi beras. Justru badai tersebut mendatangkan hujan. Diharapkan produksi beras bisa melebih target terutama dari luas tanam. “La Nina berpengaruh positif, target luas tanam meningkat tiga persen dari target sebelumnya,” ujar Anton. [L-10] SUARA PEMBARUAN DAILY

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: