Gantilah Kami dengan Miliar

[YOGYAKARTA] Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menganggarkan Rp 2,6 miliar sebagai pengganti biaya administrasi izin mendirikan bangunan (IMB) bagi seluruh korban gempa. Satu rumah pemohon IMB dialokasikan Rp 20.000.

Hal tersebut dikemukakan Sekretaris Daerah Bantul, Gendut Sudarto, Selasa (11/9), di Bantul. Besarnya alokasi itu, berdasarkan jumlah rumah roboh atau rusak berat yang mencapai 119.000 rumah. Jika ada yang sudah telanjur dipungut biaya, pemerintah desa wajib mengembalikan.

Ada sebagian desa yang tidak membebani biaya pengurusan IMB pada warganya dan kepada desa tersebut tetap akan diberikan dana sesuai jumlah pemohon IMB.

“Menurut laporan, memang ada desa yang membebaskan biaya perizinan mendirikan bangunan. Agar semua sama, maka desa tersebut tetap akan diberikan dana penggantinya. Kemudian dana itu bisa dimasukkan ke kas desa,” jelasnya.

Selain anggaran untuk izin mendirikan bangunan, Pemkab juga berencana mengalokasikan anggaran Rp 683 juta untuk memberdayakan korban gempa yang mengalami cacat permanen.

Disebutkan, anggaran tersebut berasal dari bantuan pihak ketiga yang masih tersimpan pada rekening Bupati Bantul. “Masih ada anggaran dari bantuan masyarakat yang belum dipergunakan. Meski jumlahnya kecil, kami berharap bantuan ini bisa digunakan untuk usaha. Bukan untuk konsumsi,” katanya.

Untuk sementara, Pemkab mendata 197 penyandang cacat permanen akibat gempa. “Pemkab juga sudah mengeluarkan anggaran rutin bagi korban cacat Rp 50 juta. Juga alokasi bantuan Rp 300.000 per bulan bagi 297 penyandang cacat yang ada di Bantul, termasuk yang bukan korban gempa,” katanya. [152]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: