Daging dan Ayam Potong Jelang Lebaran

“Betapa senang diri kami ketika mendapati harga-harga jualan kami naik,” kata peternak, tanpa memikirkan bagaimana respon masyarakat yang tidak dapat membeli dagangan mereka. Daging sapi diserbu masyarakat, membuat harganya tak kendali. masyarakat yang menjalankan ibadah puasa sungguh mengejarnya. Pantauan SP di Pasar Tradisional Angso Duo dan Pasar Kluarga Sipin Kota Jambi, Kamis (13/9), harga daging sapi tembus angka Rp 65.000 per kg. Harga ter-sebut naik Rp 5.000 per kg dibandingkan harga daging sapi di kota itu Rp 60.000 per kg pekan lalu.

Sementara itu, sehari menjelang bulan puasa harga daging dan ayam di Kota Bengkulu melonjak dari biasanya. Harga daging dari Rp 58.000 menjadi Rp 60.000 per kg dan ayam potong dari Rp 23.000 menjadi Rp 26.000 per kg.

Sejumlah pedagang daging dan ayam di Pasar Tradisional Panorama dan Baru Kota, Kota Bengkulu yang dihubungi SP, di Bengkulu, Rabu (13/9) membenarkan hal tersebut. Harga daging dan ayam potong sehari menjelang puasa melonjak antara Rp 2.000- Rp 3.000 per kg dari biasanya,” kata Parlan (35), pedagang daging.

Meningkatnya harga daging di Kota Bengkulu sehari menjelang puasa karena permintaan barang tersebut meningkat. Mereka membeli daging dan ayam untuk kebutuhan sahur hari pertama puasa. Hal ini terjadi hampir setiap masuk puasa, tapi kenaikan harga daging dan ayam pada tahun ini lebih tinggi dari tahun lalu.

Harga daging dan ayam akan meningkat lagi sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Hal ini terjadi karena permintaan barang tersebut dari masyarakat meningkat beberapa kali lipat dari biasanya. Akibatnya, pedagang menaikan harga meski stok daging dan ayam potong tersedia dalam jumlah banyak.

Perkiraan

Diperkirakan kenaikan harga harga daging di Bengkulu menjelang Lebaran bisa mencapai Rp 70.000 per kg dan harga ayam potong bisa mendekati angka Rp 30.000 per kg. Indikasi harga daging dan ayam akan meningkat tinggi menjelang Hari Raya Idul Fitri karena memasuki puasa saja harganya sudah meningkat tajam.

Selain harga ayam dan daging sehari menjelang puasa, harga minyak goreng, gula pasir dan tepung terigu di Bengkulu juga terus naik. [ES/ 143/149/148/141/080]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: