Bangsa-bangsa di Dunia pun Peduli

[NEW YORK] Berpotensinya terjadi tsunami akibat gempa bumi yang melanda beberapa kawasan di Sumatera mengundang kekhawatiran Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (Sekjen PBB), Ban Ki Moon. Rabu (12/9) ia menyatakan kekhawatirannya itu di New York Amerika Serikat. Sungguh mendalam kekhawatirannya.
Demikian diungkapkan juru bicara Sekjen PBB, di New York, Rabu. Menurut dia, sebuah tim dari Banda Aceh yang terdiri dari beberapa pejabat di bidang bantuan kemanusiaan, pada Kamis (13/9) pagi menuju lokasi bencana, Bengkulu, guna melihat sebesar apa dampak yang ditimbulkan akibat gempa, sebelum bantuan disalurkan.

Tim Koordinasi dan Penanggulanan Bencana PBB untuk kawasan Asia Pasifik juga bersiap menuju Sumatera bila dibutuhkan. “Gempa ini adalah salah satu yang terkuat di Sumatera sejak tahun 2005. Dan ini membuat cemas negara yang telah mengalami banyak penderitaan akibat tsunami tahun 2004,” ungkap John Holmes, Wakil Sekjen PBB untuk urusan Kemanusiaan dan Koordinator Bantuan Kedaruratan.

“Menyadari kerusakan besar yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia akibat kejadian tiga tahun lalu, PBB siap memberikan bantuan apa pun yang diperlukan oleh Pemerintah Indonesia,” lanjutnya.

Beberapa kawasan di Asia dan Afrika seperti Mozambik dan Bangladesh juga merasakan getaran gempa yang terjadi Rabu sore itu. Bahkan Mozambik langsung mewaspadai terjadi tsunami. Pejabat setempat meminta penduduk secepatnya meninggalkan tempat tinggal mereka yang berada di kawasan pantai.

“Kita tidak mengaktifkan peringatan dini tsunami. Hal ini karena informasi terakhir yang diterima menyebutkan bahwa tinggi gelombang laut kurang dari satu meter,” tegas Paulo Zucula, Direktur Institut Manajemen Bencana Mozambik.

Menurut dia, lembaganya memperkirakan tsunami akan melanda wilayah utara negaranya di Provinsi Cabo Delgado pukul 22.35 waktu setempat. [Ant/DPA/Kyodo/Rtr/SP/E-4]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: